Halaman

Minggu, 03 Juni 2012

The Hunger Games

The Hunger Games adalah sebuah novel fiksi ilmiah yang dikarang oleh Suzanne Collins. Diterbitkan pertama kali di Amerika Serikat pada tanggal 14 September 2008 oleh penerbit Scholastic.[2] Sedangkan di Indonesia pertama kali diterbitkan pada Oktober 2009 oleh Gramedia Pustaka Utama.[1] Mengisahkan tentang Katniss Everdeen, seorang remaja berusia 16 tahun yang tinggal bersama ibu dan adiknya di Distrik 12 di negara Panem, negara yang dulunya adalah Amerika Utara dengan Ibukota nya Capitol. The Hunger Games adalah acara tahunan di mana satu laki-laki dan satu perempuan yang berusia antara 12 sampai 18 tahun dari masing-masing 12 distrik disekitar Capitol dipilih dengan cara mengundi untuk bersaing dalam pertempuran mematikan yang disiarkan di televisi sampai akhirnya hanya satu orang pemenang yang tersisa.
Sejak dirilis pertama kalinya, novel ini telah diterjemahkan ke dalam 26 bahasa dan hak produksinya telah terjual di 38 negara. The Hunger Games adalah novel pertama dari trilogi The Hunger Games, diikuti oleh Catching Fire, yang diterbitkan pada tanggal 1 September 2009, dan Mockingjay, yang diterbitkan pada tanggal 24 Agustus 2010 di Amerika Serikat.

Daftar isi

Inspirasi cerita

Collins mengatakan bahwa inspirasi untuk menulis The Hunger Games datang dari salah satu acara di televisi. Di acara itu ia menyaksikan orang-orang saling bersaing di reality show dan disaat bersamaan, dia juga melihat cuplikan tayangan invasi Irak.
"Saya menonton banyak reality-show yang memperlihatkan para anak muda bertanding demi jutaan dolar. Lalu, saya melihat gambar-gambar perang Irak, dua gambar itu bercampur di pikiran saya, dan itu momen dimana saya mendapatkan ide cerita tentang Katniss"
Selain itu, tokoh mitologi Yunani Theseus juga menjadi salah satu dasar ceritanya, Collins menggambarkan Katniss Everdeen sebagai versi Theseus yang futuristik. Rasa kehilangan Collins terhadap ayahnya dalam Perang Vietnam juga mempengaruhi cerita, yang terlihat dari kisah tokoh utama yang kehilangan ayahnya pada usia 11 tahun, lima tahun sebelum cerita dimulai.

Sinopsis

Membunuh atau dibunuh. Itulah aturan sederhana dari acara tahunan Hunger Games. Di suatu masa depan, Amerika Utara musnah lalu berdirilah negara Panem dengan Capitol sebagai ibukotanya. Awalnya, Capitol dikelilingi 13 distrik. Namun, suatu ketika terjadi pemberontakan melawan Capitol dan berakibat musnahnya Distrik 13. Sebagai pengingat akan kekuasaan ibu kota, Capitol mengadakan acara televisi The Hunger Games setiap tahun di mana satu anak laki-laki dan satu anak perempuan berumur 12 hingga 18 tahun dari setiap distrik dipilih untuk bertarung sampai mati. Dua puluh empat peserta setiap tahun dan hanya akan ada satu pemenang. Acara tersebut disiarkan langsung di televisi di seluruh Panem.
Katniss Everdeen, adalah seorang gadis berusia 16 tahun yang tinggal di Distrik 12 bersama ibu dan adik perempuannya, Primrose Everdeen. Distrik 12 mendapat jatah sebagai produsen batubara. Sejak kematian ayahnya dalam ledakan di tambang, Katniss mengambil alih sebagai kepala keluarga. Setiap hari ia berburu bersama sahabat laki-lakinya, Gale Hawthorne. Pada saat pengambilan undian Hunger Games ke-74, nama Primrose terpilih sebagai peserta. Secara spontan, Katniss bersedia menggantikan posisi adiknya. Bersama anak laki-laki terpilih dari distrik 12 bernama Peeta Mellark, Katniss menyuguhkan acara The Hunger Games yang tak akan pernah terlupakan oleh seluruh warga Panem.

Penghargaan

  1. Publishers Weekly`s Best Books of The Year (2008)
  2. New York Times Notable Children`s Book (2008)

Kontroversi

Dibalik kesuksesannya, cerita The Hunger Games sendiri juga tak lepas dari kritikan. Ceritanya dianggap terlalu mengekspos adegan kekerasan dan tak cocok untuk dibaca anak muda. Novel ini berada di urutan kelima dalam daftar American Library Association untuk buku yang paling ditentang pada tahun 2010, dengan alasan: seksualitas, tidak cocok untuk kelompok umur remaja, dan kekerasan.
Selain itu, The Hunger Games juga dikritik karena kemiripannya dengan novel Jepang tahun 1999, Battle Royale karangan Koushun Takami. Kemiripan tersebut terlihat dari temanya, yaitu harus saling membunuh hingga tertinggal satu orang lagi yang menjadi pemenangnya. Tapi Collins membantahnya, menurutnya, dia sama sekali tidak pernah mendengar novel ataupun penulis tersebut sampai novelnya diterbitkan.

Adaptasi film

Lions Gate Entertainment memperoleh hak distribusi di seluruh dunia untuk mengadaptasi novel The Hunger Games ke layar lebar. Film ini disutradarai oleh Gary Ross dengan aktris Jennifer Lawrence yang terpilih untuk memerankan Katniss, Josh Hutcherson sebagai Peeta, dan Liam Hemsworth sebagai Gale. Produksi dimulai pada akhir musim semi 2011 dan Film ini dirilis pada tanggal 23 Maret 2012, sedangkan sekuelnya rencananya akan dirilis pada 22 November 2013. Penayangan perdana film ini menghasilkan rekor penjualan tiket sebesar $ 152.500.000 (USD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar